Thursday, April 25, 2013

Sistem Hidrolik Pesawat Terbang

Sistem hidrolik ialah suatu sistem dimana cairan bertekanan digunakan sebagai sarana untuk memindahkan/mengubah energi.
  • Pompa hidrolik mengkonversi energi mekanis menjadi energi hidrolik,
  • Actuating cylinder mengkonversi energi hidrolik menjadi energi mekanis.
Pesawat terbang menggunakan tekanan zat cair (hidrolik) sebagai media untuk menggerakkan sistem – sistem yang terkait dengan komponen – komponen yang lain, seperti menggerakkan ground spoilers, flight spoilers, leanding gear, nose gear steering, trailing edge flaps, leading edge devices, ailerons, elevators, leanding gear brakes rudder, dan thrust reverser.

 
Keunggulan dari system hidrolik adalah tenaga yang di butuhkan untuk menggerakkan flight control lebih ringan, jadi seorang pilot tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar dalam menggerakkan control colom.

PRINSIP DAN HUKUM YANG DI APLIKASIKAN DALAM SYSTEM HIDROLIK

1. Prinsip Bernoulli berbunyi: besaran total energi dalam aliran benda cair tetap konstan, pertambahan kecepatan akan menghasilkan pengurangan tekanan.
           
2. Hukum Paskal berbunyi bila dalam suatu ruang tertutup yang berisi fluida bagaimanapun bentuk dinding ruangan itu, tekanan terhadap fluida yang diberikan akan diteruskan oleh fluida tersebut keseluruh arah dengan besar yang sama. Gaya tekan tersebut akan selalu tegak lurus pada dinding ruangan tersebut.

JENIS – JENIS FLUIDA HIDROLIK

            Cairan hidrolik dalah media yang memungkinkan terjadinya peralihan tekanan dan energi yang juga berfungsi sebagai media pelumasan, sehingga mengurangi gesekan yang terjadi pada bagian – bagian komponen yang bergerak. Jenis – jenis cairan hidrolik:
           
- Mineral base oil
MIL – H – 5606, merupakan prodak dari minyak bumi dan berwarna merah, banyak digunakan pada system terutama system yang tidak menimbukan api, seperti flap dive system dan shock strut.
Sifatnya :   
1. Mudah terbakar
2. Tidak beracun
3. Jarak jelajahnya rendah
4. Berguna sebagai pelumas
5. Tidak bersifat merusak

- Phosphate ester base oil
Skydrol BMS 3 – 11, merupakan prodak synthetic atau buatan, berwarna ungudan dipakai diseluruh system hidrolik di pesawat terbang.
Sifatnya :   
1. Jarak jelajah – 65  F sampai 225  F
2. Mudah terkontaminasi
3. Dapat merusak bagian komponen
4. Dapat mengelupas cat pesawat
5. Tidak mudah terbakar
6. Beracun


KOMPONEN- KOMPONEN HYDRAULIC SYSTEM

1. Reservoir berfungsi sebagai tangki penampungan cairan hidrolik yang terdiri dari tiga reservoir yaitu masing – masing untuk System A, System B, dan Standby System.
2.Hydraulic pump berfungsi untuk menghisap dan menyalurkan (memompa) tekanan hidrolik ke system.
3.Pressure modul berfungsi untuk mengatur dan mengolah hydraulic pressure yang keluar dari hydraulic pump sebelum masuk ke sub system.
4.Return modul berfungsi untuk mengatur dan mengolah hydraulic pressure setelah digunakan oleh sistem dan dilengkapi dengan filter
5.Case drain berfungsi untuk mengalirkan tekanan hydraulic langsung ke return modul melalui head exchanger ketika tekanan hydraulic tidak lagi digunakan oleh system.
6. Head exchanger berfungsi untuk mendinginkan cairan hydraulic yang melalui case drain.
7.Ground interconnect valve berfungsi untuk menghubungkan atau mengalirkan tekanan hydraulic dari hydraulic system B ke hydraulic system A pada saat di ground.
8. Hydraulic shut off valve berfungsi untuk memutuskan aliran dari tekanan hydraulic.
9. Hydraulic panel berfungsi untuk mengontrol dan mengoperasikan hydraulic system.
10.Check valve berfungsi untuk mengalirkan tekanan hydraulic ke satu arah.
11.Relief valve berfungsi untuk membuang  tekanan hydraulic yang berlebihan.
12.Balance line berfungsi sebagai penghubung dan menyalurkan pneumatic bleed air dari reservoir system A ke reservoir system B dan reservoir standby system.


RESERVOIR PRESSURIZATION SYSTEM

Reservoir pressurization system adalah suatu system yang berfungsi untuk memberikan positif pressure dan mencegah terjadinya negatif pressure serta menghindari terjadinya foaming (membusa) karena kelebihan udara.

Pressure pada hydraulic system reservoir disuplai malalui ground air, engine no 1 dan engine no 2 pada stage 13, dengan melewati air manifold. Tekanan tadi melewati air pressure filter gunanya untuk menyaring tekanan udara , kemudian diteruskan ke air pressure regulator fungsinya untuk mengatur tekanan udara supaya konstan pada tekanan 40 – 45 Psi yang di tunjukkan oleh air pressure gauges indikator, kemudian tekanan masuk ke hydraulic reservoir system A lalu ke system B dan Standby system degan melewati balance line.

Jika tekanan udara melebihi 40 – 45 Psi, maka tekanan udara akan dikeluarkan melalui Relief valve.
Drain fitting digunakan jika mau mengeluarkan tekanan udara pada saat penggantian komponen yang rusak.

No comments:

Post a Comment