Wednesday, April 17, 2013

Konsumsi/pemakaian bahan bakar pesawat udara (bagian 1)

(bahasa Inggris: Aircraft fuel consumption)



Dalam menganalisa pemakaian bahan bakar kendaraan, sifatnya relatif dan banyak variabel yang diperhitungkan. Bila pada angkutan darat, pemakaian bahan bakar sangat tergantung pada performa mesin dan berat kendaraan, maka pada angkutan udara, khususnya pada pesawat terbang komersial, faktor yang sangat mempengaruhi pada pemakaian bahan bakar yaitu:

1. Karakteristik dan performa mesin dan sayap (masing-masing model pesawat dan engine berbeda cara kerjanya, usia engine pun berpengaruh terhadap performanya)
2. Berat + beban muatan pesawat (manusia dan atau barang yang diangkut)
3. Kondisi lingkungan (sifat fisika udara seperti suhu, temperatur, tekanan, dan kelembaban, angin, dsb) mempengaruhi ketinggian dan kecepatan optimal pesawat.
4. Posisi heading pesawat, apakah climb/menanjak atau cruise/terbang datar atau berbelok atau descend/menurun.
5. Jenis bahan bakar yang digunakan.



Beragam inovasi pada faktor-faktor tersebut di atas telah dirancang dan diteliti untuk dapat meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar.

Konsumsi bahan bakar yang umum digunakan dapat dinilai dalam jumlah bahan bakar yang digunakan dibandingkan dengan jarak nyata yang ditempuh.
Jumlah bahan bakar dapat dinyatakan dalam volume atau berat bahan bakarnya.
(satuan konsumsi bahan bakar dalam hal ini yaitu liter/km)

Metode yang juga dipakai dalam merancang performa pesawat yaitu menilai konsumsi bahan bakar berdasarkan penggunaan bahan bakar per satuan waktu (satuannya: liter/detik atau galon/menit)

Konsumsi bahan bakar pesawat dinyatakan ekonomis apabila muatan yang dibawa dan jarak yang ditempuh memiliki nilai yang besar dibandingkan jumlah bahan bakar yang digunakan.

Dalam menentukan konsumsi bahan bakar pesawat harus terlebih dahulu ditentukan jarak tempuh rata-rata perjalanan pesawat tersebut. Dengan menggunakan data statistik waktu tempuh juga dapat ditentukan berapa rata-rata pemakaian bahan bakar per satuan waktu.

Artikel berikut ini dapat menjadi acuan mengenai pemakaian bahan bakar pesawat terbang:

Perlu diingat bahwa selain biaya-biaya operasional lain, pemakaian bahan bakar dan efisiensinya sangat menentukan harga / tarif penerbangan yang biasa kita kenal dalam harga tiket penumpang.

Isu yang juga sering dibahas adalah pengaruh efisiensi bahan bakar terhadap lingkungan dalam kaitannya dengan emisi gas buang dan penggunaan bahan bakar yang hemat energi.

No comments:

Post a Comment